Bunga Langka Rafflesia Arnoldii Kembali Ditemukan Mekar Dijorong Gunung Bungsu

 

Realitakini.com -Tanah Datar Bunga Rafflesia Jenis Arnoldii kembali ditemukan tumbuh dan mekar di jorong Gunung Bungsu Nagari Batipuah Baruah Kecamatan Batipuh.


Hal itu disampaikan oleh Basyirudin (Pemilik akun Youtobe Basyir Chaniago) lewat telepon Selular pada Sabtu(19/09/2020). membenarkan memang ada tumbuh bunga Rafflesia jenis Arnoldii yang baru mekar.


"Bunga Rafflesia ini ditemukan pertama oleh kali oleh salah seorang Penjaga Pintu Air (PPA) Irigasi Batanang Jonlita Sovia Ambri, hanya saja beliau tidak mengetahui nama bunga tersebut, yang mana dari mitos masyarakat setempat mengatan bunga ini adalah bunga penghisap darah sehingga masyarakat tidak mau menghampiri, ujar Basyirudin yang akrab dipanggil Basyir itu.


"Memang ada bunga raflesia tersebut sudah mekar kembali, Bunga ini mekar dilokasi yang sama ditempat viralnya bunga raflesia sebelumnya ditahun 2019 lalu.," tambahnya.


Menurut Basyirudin Ia mendapatkan informasi sudah mekarnya bunga ini pada pagi Hari Sabtu 19/09/2020 dari petani yang hendak mengarap ladangnya dan siangnya bersama rekannya langsung menuju kelokasi ditemukan bunga tesebut.


"Ini adalah ke 5 kalinya,  Bunga Raflesia yang diketahui jenis Arnoldy tumbuh dan mekar ditempat yang sama dan sempat viral dimedia sosial pada tahun lalu," imbuhnya.


Basyirudin juga menambahkan Lokasi Bunga Raffllesia Arnoldi  berada di Jorong Gunung Bungsu Nagari Batipuah Baruah Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar, untuk menuju jorong Gunung bungsu  ini bisa mengendarai kendaraan roda 2 dan roda 4, sekitar 30 menit perjalanan dari kota Padang Panjang, dan selanjut menuju lokasi pengunjung menempuh perjalanan 10 menit jalan kaki menyusuri aliran irigasi Batang dengan jarak tempuh sekitar 600 meter dari lokasi parkir. 


Selain itu Basyir pun mengatakan jorong Gunung Bungsu kaya akan keindahan alamnya,  selain adanya bunga langka (Bunga Raflesia) dan Bunga Bangkai, Gunung Bungsu juga memiliki Goa Puti Baliriang dan Air terjun Puti Baliriang hanya saja belum terkelola.


"Dilokasi yang sama tempat mekarnya bunga Raflesia juga ada calon-calon bunga Raflesia yang hampir mekar, kami harapkan pengujung dan masyarakat setempat untuk menjaga dan melestarikan tempat ini," pungkasnya (M)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama