KPU Pasaman Launching Pengumuman Dan Diskusi Uji Publik DPS

Realitakini.com --Pasaman 

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Pasaman melaksanakan Konferensi Pers launching pengumuman pengumuman dan diskusi uji publik DPS pemilihan serentak lanjutan tahun 2020 di Media Center KPU Pasaman,Sabtu (19/09/2020)

Uji publik langsung dilakukan bersama awak media Pasaman. Satu per satu awak media dicek keabsahan datanya. Apakah terdaftar dalam DPS atau ada data yang salah untuk diperbaiki.

Ketua KPU Pasaman Rodi Andermi,SH dalam membuka acara tersebut menyampaikan sesuai dengan surat KPU Provinsi Sumatera Barat pengumuman dan diskusi uji publik DPS pemilihan serentak lanjutan tahun 2020 dilaksanakan 19 - 28 September 2020.

"Substansi uji publik paling besar ini memang di tingkat kejorongan. Kami bakal terjun ke lapangan untuk memastikan uji publik ini sukses dan sesuai target," kata Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi didampingi Komisioner Eria Candra dan Taufiq serta Kasubag

Kita juga bakal menayangkan kepada umum berkas-berkas DPS ini, apakah itu per TPS atau jorong yang direncanakan. Target kita dimanapun ada akses publik yang bisa diakses maka disitu bakal ditayangkan DPS," ujar Taufiq.

Diakui Taufiq, sebelum ditetapkan sebagai DPT, DPS melewati lima tahapan. Mulai dari launching DPS, pengumuman, uji publik, sosialisasi hingga tanggapan masyarakat atas DPS ini.

Bentuknya memang sederhana, namun tidak seperti bentuknya. Tahun ke tahun masalah krusial ini adalah di DPS dan DPT. Saat DPS diumunkan dan disosialisasikan atau diuji publik, masyarakat partisipasinya rendah. Saat pencoblosan, baru muncul masalah belum terdaftar lah, pindah lah atau ada data yang salah, banyak ragamnya. Kita tentu tidak ingin ini terjadi," tutup Taufiq.( Nurman)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama