Dinas Sosial Kabupaten Luwu,Menuju Pemutakhiran DTKS

Kepala Dinas Sosial Pemda Kab.Luwu


Realitakini.Com-Sulsel,Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai acuan untuk program perlindungan Sosial adalah merupakan sistim data elektronik yang memuat tentang informasi sosial,ekonomi dan demokrafi dari sekitar 99 juta individu dengan status kesejahteraan terendah di Indonesia.


Hal ini dijelaskan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Luwu Masling Malik,SE.MSi di ruang kerjanya kantor Dinas Sosial Kabupaten Luwu,Selasa (19/01/2021).


Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ini merupakan referensi penetapan sasaran bagi program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan,sehingga penerima program sosial seperti PKH,BPNT,BST dan lain-lain tepat sasaran.


Seperti yang terjadi saat ini di masyarakat sekitar kita penerima PKH dan bantuan sosial lainnya banyak yang tidak tepat sasaran.


Dan hal ini pun diakui oleh Kadis Sosial Kabupaten Luwu,Masling Malik,SE MSi,"jangankan masyarakat kami pun sebagai Kadis Sosial juga memiliki pertanyaan yang sama,kenapa ini terjadi."


"Jadi setelah perbaikan/pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tidak terjadi lagi salah sasaran penerima bantuan sosial," tambah pak Masling lagi.


Lanjut Masling Malik,SE.MSi,"KPM PKH di tahun 2020 dan berlanjut ditahun 2021 ini dikeluarkan karena,garduasi atau sudah berubah tarap hidupnya dari kurang mampu menjadi mampu.


Dan komponem sudah tidak ada yaitu.sudah tidak memiliki anak balita,anak sekolah dan tidak ada lansia.Atau NIK yang tidak padan atau tidak online."(RSD)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama