Follow Us

header ads

Tanaman Padi Agar Tidak Rebah,Kurangi Pengunaan Pupuk Urea

 



RealitaKini.Com-SulSel,


Kabar pengetahuan untuk Petani Sawah agar tanaman padi yang rebah merupakan salah satu dapat merugikan petani karena dapat menurunkan hasil produksi dan beras yang akan dihasilkan juga cenderung sangat jelek kualitasnya.


Ada beberapa cara untuk mencegah tanaman padi agar tidak rebah adalah lokasi penanaman padi dilokasi sawah datar, biasanya pada musim hujan jadi pilihlah Varietas padi Unggul dan pendek.


Akan tetapi berbeda untuk sawah yang tadah hujan yang cenderung memiliki topografi berbukit biasanya tidak terlalu banyak terjadi rebah.


Salah satu petani sawah asal Mojokerto,Sunarto menuturkan agar padi tidak mudah rebah maka Pemilihan varietas padi unggul dan pendek disesuaikan musim tanam yang akan dihadapi,biasanya rebah pada saat musim hujan.oleh karena itu para petani sawah dianjurkan menggunakan varietas padi yang tidak terlalu tinggi dan kurangi penumpukan Urea yang berlebihan.


Pengurangan penggunaan pupuk urea ini sangat berpengaruh terhadap daya tahan atau kekerasan pada batang padi, kelebihan pupuk urea yang berlebihan juga dapat banyak masalah selain rebah dapat memicu serangan hama.


Lanjut,Selain cara padi untuk tidak mudah rebah tidak pengurangan Menggunakan Pupuk urea,ada trik yang lain untuk tanaman padi tidak mudah rebah dimusim hujan, gunakan jarak tanam jajar legowo hal ini yang paling mudah untuk dipraktekkan,sudah tidak diragukan lagi manfaatnya jajar legowo dengan mengunakan jajar legowo jumlah rumput padi dapat meningkat sehingga membuat tanaman padi menjadi lebih kokoh jika ditiup angin.Ucapnya(Bahrun)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom