AKUMANDIRI Dorong Digitalisasi UMKM di Sulsel


RealitaKini.Com-SulSel,

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) terus didorong untuk melakukan transformasi digital di masa pandemi covid-19. Ini sebagai inovasi dalam membangkitkan kembali perekonomian. 


Kepala Dinas Koperasi & UKM Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Malik Faisal mengatakan digitalisasi sangat diperlukan di masa pandemi. Sebab mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas. 


"Digitalisasi menjadi sangat penting sekali di masa pandemi. Transaksi digital banyak dimanfaatkan karena sangat begitu membantu, khususnya UMKM," ujarnya saat membuka Webinar Literasi Digital dengan tema: Aplikasi Pengelola Keuangan Digital untuk UMKM, Senin (29/3). 


Berdasarkan data Bank Indonesia, kata dia, transaksi digital meningkat selama pandemi covid-19. Hal inilah yang seharusnya dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk bisa bertumbuh kembali. 


Ia pun optimis, perekonomian bisa tumbuh positif melalui peningkatan daya saing UMKM salah satunya dengan mempercepat adaptasi digital. 


Sementara itu, Ketua DPW Asosiasi Industri UMKM AKUMANDIRI Sulsel, Bachtiar Baso mengatakan pandemi covid-19 mendorong pelaku UMKM untuk berinovasi mengikuti kondisi pasar. 


Salah satunya dengan transformasi digital. Para pelaku UMKM, kata dia, harus mengambil tempat disini. Menurutnya memang belum semua dapat memanfaatkannya, tapi pihaknya akan terus membantu para UMKM untuk bertumbuh. 


Kegiatan Webinar Pelatihan Literasi Digital ini digelar oleh DPW Asosiasi Industri UMKM AKUMANDIRI Sulsel. Menghadirkan Ketua DPP Asosiasi Industri UMKM AKUMANDIRI Indonesia, Hermawaty Setyorinny dan Konsultan SAP Business One, ERP and Retail, Andy Djojo Budiman sebagai pembicara.(Run)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama