Follow Us

header ads

Fokus Pada SDGs Desa,Permendesa PDTT Nomor 13 Tahun 2020



RealitaKini.Com-Luwu,


Dalam rangka mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat serta terhambatnya pembangunan desa akibat dampak covid-19,penggunaan dana desa tahun 2021 diarahkan untuk pencapaian SDGs Desa dengan prioritas sebagai berikut:


1.Pemulihan Ekonomi Nasional,sesuai kewenangan Desa seperti pembentukan,pengembangan,revitalisasi BUMDes/BUMDeSma,Penyedian Listrik Desa dan Pengembangan Usaha Produktif desa yang dikelola BUMDes/BUMDesma.


2.Program Prioritas Nasional,Sesuai Kewenangan Desa seperti Pedataan Desa,Pemetaan potensi dan Sumber Daya,dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi,Pengembangan Desa wisata,Penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di Desa dan menjadi Desa Inklusif.


3.Adaptasi Kebiasaan Baru;Desa Aman Covid-19 diantaranya,Pelaksanaan dan kegiatan melalui Swakelola dan mengutamakan menggunakan pola padat karya Tunai Desa (PKDT).


Dan Swakelola dapat juga bekerjasama antara Desa/Kelurahan.dalam hal terdapat arahan pemerintah,prioritas penggunaan dana desa dilaksanakan oleh desa sesuai dengan ketentuan peraturaan perundang-undangan.



SDGs Desa mendukung pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan. 

Tujuan SDGs Desa antara lain :

1. Desa tanpa kemiskinan

2. Desa tanpa kelaparan

3. Desa peduli kesehatan

4. Pendidikan desa berkualitas

5. Keterlibatan perempuan desa

6. Desa layak air bersih dan sanitasi

7. Desa berenergi bersih dan terbarukan

8. Pertumbungan ekonomi desa merata

9. Infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan

10. Desa tanpa kesenjangan

11. Kawasan permukiman desa aman dan nyaman

12. Konsumsi dan Produksi desa sadar lingkungan

13. Desa tanggap perubahan iklim

14. Desa peduli lingkungan laut

15. Desa peduli lingkungan darat

16. Desa damai berkeadilan

17. Kemitraan untuk pembangunan desa

18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.


Saat Wartawan Realitakini meminta keterangan Wakil Ketua II DPRD Luwu,Zulkifli,ST,M.Si.,tentang penggunaan dana Desa tahun 2021.Khusus di Kabupaten Luwu sesuai peraturan Permendesa PDTT Nomor 13 Tahun 2020.


Zulkifli,menuturkan sudah jelas peraturannya bahwa Penggunaan dana desa tahun 2021.Pemerintah meminta seluruh Provinsi,Kota,Kabupaten,Kecamatan,Kelurahan dan Desa adalah Pemulihan Ekonomi  Nasional (Point 1),Program Nasional (Point ke 2) dan yang terakhir Desa Aman Covid-19. 


Tapi jangan lupa bahwa di dalam Peraturan Permendesa No.13 Tahun 2020.Walaupun kebijakan pemerintah mengintruksikan penggunaan dana desa tahun 2021.menitip beratkan 3 point tersebut,sekali lagi pihak pemerintah mengembalikan kepada kewenangan Desa.


Lanjut"Wakil Ketua II Luwu,Zulkifli menyampaikan kepada wartawan Realitakini bahwa sebaiknya,bapak/Ibu Kades dikabupaten Luwu untuk focus penggunaan dana desa tahun 2021 adalah  pemulihan ekonomi masyarakat/Warga desa dan membuka usaha melalui Bumdes.agar ekonomi masyarakat kembali Normal atas dampak Covid-19 selama Setahun terakhir.Ucapnya" (Bahrun) 






Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom