Suku Caniago Lewakan Gala

Realitakini.com- Agam

Payuang Panji Pasukuan Chaniago di Nagari Lubuk Basung, Ke­­camatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, melewakan panghulu suku ke­­pada Dedi Herico se­ba­gai Dt. Hitam, dan Yuzarlim St. Zainal sebagai panungkek ( red- Wakil ) Pasukuan tersebut, da­­lam acara malewakan gala di nagari tersebut, Rabu (26/5).

Dari pantauan Realita.com di lokasi malewakan gala, tampak hadir para pemimpin kaum, penghulu-penghulu dari tujuh suku yang ada di Nagari Lubuk Basung. Ketua KAN setempat, N. Dt. Simarajo juga turut hadir dalam prosesi malewakan gala secara adat itu.

Usai prosesi malewakan gala secara adat, yang diambil sumpah oleh N. Dt. Simarajo pengukuhan Dedi Herico Dt. Hitam berlanjut ke Kantor KAN Lubuk Basung, guna melegalkan gelar secara administratif kenagarian.

N. Dt. Simarajo, Selaku ketua KAN Nagari Lubuk Basung dalam hantarannya menuturkan, dengan telah diselesainya proses malewakan gala, baik secara adat ataupun administrasi, Dedi Herico sudah sah menyandang gelar angku Dt. Hitam di payung suku chaniago.

"Kok yang kito angkek, lah kito sangkuikan ka rantiangnyo, alah disandakan pulo ka dahannyo, artinya angku D. Dt. Hitam sudah sah menjadi penghulu di suku chaniago," ucapnya.

Dengan diangkatnya angku D. Dt. Hitam sebagai penghulu, imbuhnya, diharapkan dapat menjaga sumpah sakral yang sudah diambil. Pihaknya berharap, D. Dt. Hitam dapat menjaga persatuan di kaumnya dan juga di nagari.

"Mari kita bersama-sama, kok ado nan tacicia, samo kito kumpuakan, kok kusuik samo-samo disalasaikan, itu yang kami harapkan kepada angku D. Dt. Hitam beserta perinduan yang hadir dalam pengukuhan ini," ujarnya. (Aldi).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama