Follow Us

header ads

Bupati Torut"Mengajak Masyarakat Lebih Meningkatkan Kearifan Lokal Dalam Semua Program Lembang Atau Lurah Adat


RealitaKini.Com-Toraja Utara,

Bupati  Toraja Utara,Provinsi Sulawesi Selatan,mengajak seluruh ASN yang hadir agar bersama-sama mengangkat kembali Kearifan Lokal.

"Mari kita bersama-sama mengangkat kembali kearifan lokal, dimana kita akan mengadakan program Lembang atau Lurah Adat dimana terdapat Enam Syarat yaitu :

1. Pakai daun pisang klau mau makan pada acara rambu tuka' dan rambu Solo'

2. Nasi ditaruh di dlm baka

3. Minum tuak dari suke

4. Tuak di taruh di balo2 dan dipikul kalau ada acara adat tidak pakai jerigen

5. Babi di bulle tama lubaba kalau ada acara adat

6. Tobene ma' sarong ke ma'rombongan, dan anggaran disiapkan 300jt untuk lembang atau lurah yang siap melaksanakan, dimana selama setahun itu akan ada tim pemantau," ungkap Yohannis Bassang, SE. M.Si.

Bupati Toraja Utara yang akrab disapa Ombas pun menuturkan bahwa setiap hari kamis memakai baju Pa'tannun dimana asli kain tenun Toraja

"untuk baju Pa'tannun setiap hari kamis, kedepannya wajib memakai kain tenun asli toraja,  bukan kain tenun dari luar daerah,  agar mengangkat penghasilan pengrajin tenun kita. Selain itu,  melalui kesempatan ini juga saya menyampaikan kepada Dinas Pariwisata  untuk mengangkat kembali tarian pagellu yang asli,  bukan yang kreasi," tegas Ombas(Hms-Torut)


Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom