I Laga ligo, Warisan Untuk Milenial , Ini kata Pemegang Mandat Adat Pancai Pao




RealitaKini.Com-Luwu Raya,

Sebagai salah satu upaya pelestarian budaya, khususnya di Tana Luwu, Komunitas Adat Pancai Pao, Kedatuan Luwu, menggelar Webinar Kebudayaan, dengan tema ‘I La Galigo, Dari Tana Luwu Untuk Generasi Milenial Sebagai Penerus Kebudayaan.’


Webinar yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-19 Kota Palopo, rencananya akan digelar akhir pekan ini, Sabtu (17/07/2021) pukul 09.30 wita.


Kegiatan ini dilaksanakan virtual via Zoom, langsung dari Gedung Ratona, Kantor Wali Kota Palopo.


Pemegang Mandat Adat Pancai Pao, Abidin Arief To Parukka SH, dalam keterangan tertulisnya, Senin 12 Juli 2021, mengatakan, salah satu output dari webinar ini diharapkan agar I La Galigo mendapat perhatian khusus dari para pemangku kepentingan, khususnya bagaimana agar I La Galigo dimasukkan sebagai mata pelajaran muatan lokal di sekolah se Sulsel.


“Sebab I La Galigo ini harus dikenal dari generasi ke generasi. I La Galigo ini sudah milik dunia, akan sangat disayangkan jika sudah dilupakan generasi dari daerah asalnya,” tandas Abidin.


Ia juga mengatakan, Webinar ini akan menghadirkan Prof Dr Nurhayati Rahman, MS. (Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Unhas) sebagai pembicara.


“Ibu Prof akan berbicara bagaimana transformasi nilai I La Galigo di kalangan milenial,” bebernya.


Pembicara lainnya adalah H. Harisal A. Latief, SPi,, M.Si., sebagai Penulis Buku Kedatuan Luwu, yang juga saat ini merupakan anggota DPRD Palopo.


Mantan Ketua DPRD Palopo itu akan berbicara tentang ‘Kaum Milenial dan Tantangannya Dalam Pelestarian Budaya di Tana Luwu.’


Sementara H. Syaharuddin Alrif, SIP., MM. (Wakil Ketua DPRD Sulsel), akan berbicara bagaimana upaya legislatif dalam pelestarian budaya di Sulsel, utamanya bagaimana agar I La Galigo ini masuk dalam mata pelajaran muatan lokal di sekolah. Sehingga generasi penerus bangsa ini tidak melupakan budayanya.


Sedangkan empat kepala daerah se Luwu Raya, dijadwalkan bisa hadir via virtual untuk berbicara sebagai keynote speaker. Webinar ini akan dipandu moderator Haeril Alfajri (Trainer Muda Tana Luwu).


“Insya Allah, webinar ini akan dibuka Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Besar harapan kami agar ini bisa sukses, sebagai upaya bersama dalam pelestarian budaya. Kami mengharapkan dukungan semua pihak untuk kesuksesan acara ini,” ucap Abidin.


Abidin mengatakan, kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Pemda se Luwu Raya, PT Vale, dan para tokoh adat dan pemerhati budaya.


Bagi yang ingin mengikuti acara ini, sebagai bentuk perhatian dan upaya bersama dalam melestarikan budaya, bisa mendaftarkan diri dengan klik link https://bit.ly/WebinarKebudayaanIlagaligo atau pada hari H nanti, bisa ikut virtual via zoom dengan klik tautan https://bit.ly/webinarlagaligo.(Rahim)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama