Varian Delta Asal India,Telah Menular Di 132 Negara


RealitaKini.Com,

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pandemi Covid-19 akan berakhir di tangan manusia sendiri.

(Pandemi) akan berakhir ketika dunia memilih untuk mengakhirinya, karena solusinya ada di tangan kita,” ungkapnya, beberapa waktu lalu, Selasa (27/7/2021), seperti dikutip dari Newsweek.

Kehidupan di sejumlah negara setelah kemunculan pandemi Covid-19 tampak mulai kembali berjalan normal.

Kendati demikian, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih melihat pandemi Covid-19 ini belum benar-benar berakhir, setidaknya hingga pertengahan 2022.

Tedros, lebih dari 2 miliar orang atau sekitar seperempat dari populasi global telah divaksinasi.

Namun jumlah tersebut jauh di bawah 70% dari yang dibutuhkan untuk berpotensi mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).

Menurut Tedros, untuk mengakhiri pandemi pada dasarnya bukanlah ujian penemuan ilmiah, kekuatan finansial atau kecakapan industri, melainkan ujian karakter.

Tedros berharap bisa mencapai angka 40% pada akhir tahun ini lalu 70% pada pertengahan tahun depan.

Di sisi lain, Tedros mengaku kecewa dengan kegagalan negara kaya untuk membantu vaksinasi negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Tedros menyebut ketidakadilan vaksin sebagai “kegagalan moral” dan “mengalahkan diri sendiri secara epidemiologis dan ekonomis”.

WHO juga menyatakan bahwa virus corona varian delta adalah peringatan kepada dunia dalam konferesi persnya, Jumat (30/7/2021).

Pasalnya, virus varian delta merupakan mutasi dari varian lama sehingga ini menjadi pertanda untuk menekan laju infeksi virus dengan cepat sebelum bermutasi menjadi varian yang lebih ganas dan buruk.

Delta adalah peringatan, ini adalah peringatan bahwa virus berkembang tetapi juga merupakan seruan untuk bertindak bahwa kita perlu bergerak sekarang sebelum varian yang lebih berbahaya muncul,” kata Emergencies Director WHO Michael dikutip dari AFP.

Varian yang sangat mudah menular, pertama kali terdeteksi di India, kini telah muncul di 132 negara dan wilayah.(RK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama