PON XX PAPUA" Akan Berlangsung Sesuai Jadwal Diawal September 2021


RealitaKini.Com-Papua,

Situasi wabah Covid-19 dipastikan tidak akan mengganggu jadwal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.Pesta olahraga di Bumi Cenderawasih dipastikan tetap sesuai jadwal, tanggal 2 sampai 15 Oktober 2021.

Sedangkan tahapan entry by name, kata Marciano, sudah selesai pada 1 Agustus silam. Seluruh kontingen provinsi sudah mendaftarkan atlet dan ofisialnya. Total atlet terdaftar sebanyak 6.496 orang, sementara ofisial 50 persen dari jumlah tersebut atau sebanyak 3.300 orang.

Setidaknya ada 12 tim yang akan berkompetisi di ajang nasional tersebut. Mereka berasal dari juara grup kualifikasi, 3 tim dari Porwil Sumatera, juara bertahan dan tuan rumah Papua tentunya.

Ada 3 daerah di Provinsi Papua yang bakal menjadi tempat penyelenggaraan pesta olahraga terbesar level nasional ini, yaitu Kotamadya Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Mimika. 

Gubernur Papua, Lukas Enembe, optimistis penyelenggaraan PON di wilayahnya akan berlangsung lancar, aman, dan tertib. Terlebih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat mendukung pelaksanaan PON di Papua. 

Dengan demikian kita bersatu menyaksikan persatuan dan kesatuan bisa terjadi di Papua,” ucap Lukas Enembe dikutip dari website Kominfo. 

Salah satunya cabang olahraga sepakbola yang akan disenggarakan di PON 2020 PAPUA'

Daftar 12 Tim yang Lolos ke PON 2020 Papua:

Jawa Tengah (Juara Grup 1)

Jawa Timur (Juara Grup 2)

NTT (Juara Grup 3)

Kalimantan Timur (Juara Grup 4)

Sulawesi Utara (Juara Grup 5)

Sulawesi Selatan (Juara Grup 6)

Maluku Utara (Juara Grup 7)

Aceh (Porwil Sumatera)

Sumatera Utara (Porwil Sumatera)

Bengkulu (Porwil Sumatera)

Jawa Barat (Juara Bertahan)

Papua (Tuan Rumah).

Untuk persiapan venue, Marciano memastikan bahwa semuanya sudah bisa digunakan, kecuali venue cabang olahraga (cabor) Rugby dan cabor paralayang sedang dalam proses penyelesaian. Ditargetkan selesai akhir September 2021.

Pak Presiden sangat serius melihat Pekan Olahraga Nasional bagian dari bagaimana anak bangsa bisa bersatu, bertemu dalam pertandingan di Pekan Olahraga Nasional di Papua,” imbuhnya.(*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama